[Sebelum 11 Nov 2022] CALL FOR PROPOSAL DANA TERRA KEGIATAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

[Sebelum 11 Nov 2022] CALL FOR PROPOSAL DANA TERRA KEGIATAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Isu perubahan iklim menjadi isu global yang dihadapi oleh semua negara. Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa, menjadi sangat rentan terhadap dampak yang di timbulkan oleh perubahan iklim. Hal ini terlihat dari tingginya bencana alam di Indonesia termasuk yang dipengaruhi oleh dampak perubahan iklim, seperti banjir dan kekeringan yang berujung kepada meningkatnya potensi kebakaran hutan, menurunnya kualitas air bersih, meningkatnya prevalensi penyakit, menurunnya produktivitas pertanian, dan rusaknya aset sumber daya alam termasuk keanekaragaman hayati Indonesia. Masyarakat adat dan komunitas lokal yang tinggal di wilayah sekitar hutan masih menjadi kelompok rentan terhadap berbagai gejolak perekonomian dan dampak bencana lingkungan akibat perubahan iklim.

Komitmen Indonesia untuk menangani isu perubahan iklim telah tertuang di dalam dokumen Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia yang mencanangkan target penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen dengan upaya sendiri, dan sampai dengan 41 persen dengan dukungan internasional dari skenario business as usual (BAU) pada tahun 2030. Untuk memenuhi komitmen tersebut, tentunya diperlukan dukungan finansial yang memadai dan terukur.

Saat ini BPDLH bekerjasama dengan Ford Foundation dalam Program Dana Untuk Kesejahteraan dan Ekonomi Berkelanjutan Masyarakat Adat dan Komunitas Lokal (Dana TERRA) yang bertujuan untuk perlindungan dan pelestarian hutan dan ekosistem sekaligus meningkatkan peri kehidupan masyarakat, khususnya yang berada di sekitar kawasan hutan untuk. Program ini dirancang untuk merespon tantangan dalam pencapaian target NDC, khususnya di sektor hutan dan lahan.

Melalui “Program Dana Untuk Kesejahteraan dan Ekonomi Berkelanjutan Masyarakat Adat dan Komunitas Lokal”, BPDLH dan Ford Foundation memberikan dukungan pendanaan melalui hibah bagi non-perorangan dan/atau lembaga perantara untuk melaksanakan beragam program dan kegiatan dalam merespon tantangan tersebut, dengan masyarakat lokal dan/atau masyarakat adat sebagai kelompok penerima manfaat. Secara umum, program ini akan berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), yaitu: SDG 13 tentang aksi iklim, SDG 15 tentang kehidupan di darat; SDG 1 tentang kemiskinan, dan SDG 5 tentang kesetaraan gender. Penerima manfaat pada program ini difokuskan pada masyarakat pada tingkat tapak, masyarakat hukum adat, komunitas lokal, kelompok perempuan dan anak, kelompok disabilitas, dan/atau kelompok rentan lainnya yang berada di dalam dan/atau sekitar kawasan hutan.

Panduan Terlampir

Silahkan klik tautan berikut untuk mengunduh panduan pengajuan proposal:
https://bit.ly/CFPDanaTERRA

Files