Layered Double Hydroxide, Penyelamat Penderita Maag

Sep 6, 2021 - 06:36
Nov 28, 2022 - 18:17
 1  295
Layered Double Hydroxide, Penyelamat Penderita Maag
Layered Double Hydroxide, Penyelamat Penderita Maag

Tahukah anda jika seseorang yang mengalami sakit maag dapat membuatnya merasa tidak nyaman bahkan kesulitan  memakan makanan. Sakit maag atau gastritis dalam istilah medisnya merupakan peradangan yang terjadi pada lapisan (mukosa) dinding lambung yang dapat bersifat akut/tiba-tiba hingga kronis. Beberapa gejala yang dirasakan oleh penderita maag kronis adalah rasa tidak nyaman pada saluran pencernaan, perut kembung, mual, dan nafsu makan yang berkurang. Salah satu cara mengatasi sakit maag yaitu dengan mengonsumsi obat sakit maag.

Obat sakit maag yang beredar di apotik seperti Promag, Waisan, Mylanta, Lambucid, Gastran, Polysilane, Plycrol, Antasida Doen, dan Camaag Mint merupakan obat sakit maag terbaik yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi jika mengalami sakit maag. Menariknya, semua jenis obat sakit maag ini memanfaatkan Layered Double Hydroxide sebagai salah satu bahan dalam mengatasi sakit maag.

Istilah Layered Double Hydroxide atau biasa disebut hidrotalsit telah dikenal sejak tahun 1970an dimana penelitian tentang senyawa ini pertama kali dilakukan. Sebuah jurnal yang pertama kali dipublikasikan terkait hal ini memuat penggunaan material hidrotalsit sebagai prekursor (senyawa yang berpartisipasi dalam suatu reaksi kimia yang menghasilkan suatu senyawa lain) dalam pembuatan katalis hidrogenasi. Semenjak saat itu, berbagai inovasi penelitian tentang sintesis dan pemanfaatan hidrotalsit kian banyak dilakukan hingga saat ini.

Hidrotalsit merupakan lempung anionik yang strukturnya diturunkan dari struktur brucite. Dilihat dari strukturnya hidrotalsit memiliki kation divalen seperti Mg, Mn, Fe, Co, Ni, Cu, dan Zn, dan kation trivalen seperti Al, Mn, Fe, Co, Ni, Cr, dan Ga. Berdasarkan muatan listriknya, hidrotalsit masuk dalam kategori senyawa berlapis dengan muatan positif, dimana kelebihan muatan positif pada strukturnya distabilkan dengan adanya anion. Anionnya dapat berupa ion NO3-, Cl-, SO42- dan yang lainnya. Saat ini pemanfaatan hidrotalsit sudah semakin beragam seperti sebagai katalis, elektrokatalis, fotokatalis, adsorben, sistem penghantaran obat, dan lain sebagainya.

Kalau kita jelih melihat komponen dari berbagai obat sakit maag yang ada, kita akan menemukan bahwa seluruh obat tersebut menggunakan bahan kimia yang sama berupa aluminium hidroskida Al(OH)3 dan magnesium hidroksida Mg(OH)2. Campuran kedua zat kimia inilah yang dikenal dengan nama hidrotalsit yang dimanfaatkan sebagai antasid dalam obat sakit maag yang berfungsi untuk menetralkan asam lambung. Senyawa yang pertama baik bagi sel manusia termasuk jantung meskipun dapat menyebabkan diare sedangkan senyawa yang kedua menangkal efek samping diare yang dihasilkan oleh aluminium hidroksida.

Organ pada sistem pencernaan manusia memiliki mekanisme perlindungan terhadap cairan asam. Pada kondisi normal, asam pada lambung berperan dalam proses pencernaan protein. Ketika produksi asam oleh lambung melebihi kadar normal akan menyebabkan kerusakan pada organ pencernaan. Tingkat keasaman tinggi dapat mencapai pH 2 – 3, dimana semakin kecil nilai pH nya semakin tinggi kadar keasamannya. Dengan mengonsumsi obat sakit maag, senyawa antasida akan langsung meredakan nyeri lambung yang terasa seperti kembung dan meredakan sensasi panas di dada atau tenggorokan akibat naiknya asam lambung, menetralkan keasaman, secara reversible mengurangi atau menghalangi sekresi asam lambung oleh sel untuk mengurangi keasaman di lambung.

Hidrotalsit atau Double Layered Hydroxide merupakan komponen yang sangat penting dalam obat sakit maag yang telah menyelamatkan banyak penderita sakit maag.

Sumber Pustaka

Arizaga, G. G. C., Satyanarayana, K. G., and Wypych, F., 2007, Layered Hydroxide Salts: Synthesis, Properties, and Potential Applications, Solid State Ion., 178, 1143-1162.

Bukhtiyarova, M.V., 2019, A Review on Effect of Synthesis Conditions on the Formation of Layered Double Hydroxides, J. Solid State Chem., 269, 494-506.

Cavani, F., Trifiro, F., Vaccari, A., 1991, Hydrotalcite-Type Anionic Clays: Preparation, Properties, and Applications, Catal. Today, 11, 173-301.

Richards, L., 2020, The Different Types of Antacids and How They Work, Medical News Today, https://www.medicalnewstoday.com/articles/antacids

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow

aslanirunsah Scientific Writer