Pengabdian Kepada Masyarakat | Panen Ikan Nila Merah | Laboratorium Kimia Anorganik UGM - Desa Binaan Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo

Jan 15, 2022 - 15:55
Apr 4, 2022 - 19:39
 0  179

Panen Ikan Nila Merah di Desa Binaan Ngargosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Halo halo teman-teman, jumpa kembali dalam agenda pengabdian kepada masyarakat oleh Laboratorium Kimia Anorganik Universitas Gadjah Mada di desa binaan, Desa Ngargosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Pada kesempatan ini, kita akan panen ikan nila lhoo. Kegiatan diawali dengan briefing antara tim dosen dari Laboratorium Kimia Anorganik UGM dengan praktisi. Adapun perwakilan tim dosen dari Laboratorium Kimia Anorganik UGM sendiri meliputi Prof. Dr. rer. nat. Nuryono, M.S. selaku Kepala Laboratorium dan dibersamai oleh Prof. Sri Juari Santosa, M.Eng., Ph.D. dan Dr. Yateman Arryanto. Adapun Bapak Ilham dan Bapak Yudi merupakan perwakilan dari praktisi.

Sesampainya di Desa Ngargosari, rombongan disambut oleh kelompok petani ikan di desa binaan Ngargosari. Tim menyempatkan untuk berbincang sebentar dengan ketua kelompok petani ikan, Bapak Supriyanto. Nah, ini yang paling ditunggu-tunggu dong, saatnya paneeeen. Pertama, kita menguras dulu kedua blunk dengan cara membuka katup air pada sisi blunk. Waah airnya deras seperti di air terjun hehehe…Alhamdulillah, kedua blunk sudah dikuras dan saatnya memanen ikan nila. Panen ikan nila pertama kali diawali oleh Prof. Nuryono selaku Kepala Laboratorium Kimia Anorganik UGM. Beliau sangat bersemangat sekali saat panen ikan. Alhamdulillah, ikan nila hasil panen di blunk pertama kali ini besar besar lhoo. Nah, Bapak Dr. Yateman juga tidak mau ketinggalan buat panen ikan nih. Tak terkecuali, anggota kelompok petani ikan di desa binaan Desa Ngargosari juga ikut melakukan panen perdana ikan nila dengan sistem perikanan di lahan sempit atau Portable Urban Fish Farming.

Alhamdulillah, panen ikan nila perdana kali ini merupakan penerapan Portable Urban Fish Farming hasil kerjasama antara Laboratorium Kimia Anorganik UGM dengan desa binaan, Desa Ngargosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Sistem ini menerapkan kolaborasi antara budidaya ikan nila di lahan sempit seperti blunk dengan penerapan hidroponik beberapa tanaman sayuran yang juga sudah dipanen sebelumnya. Setelah pemanenan, kemudian kita timbang ikan nila yang didapatkan. Alhamdulillah, total panen ikan nila perdana kali ini mencapai 32 kg loh teman-teman. Gimana, mantul kan?

Sebagai penutup pasca panen, tim berdiskusi dengan kelompok petani ikan Desa Ngargosari di rumah Bapak Tri Hidayat. Diskusi berisi tentang hasil evaluasi dan harapan untuk melanjutkan kolaborasi bersama ke depannya. Mau tahu bagaimana visualisasi keseruan kegiatan panen ikan nila merahnya? Yuk kita simak bersama melalui link di bawah ini ya:

Panen Ikan Nila Merah

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow

bayuishartono The philosophy of plant roots