#1. Membuat Style Sitasi Custom menggunakan Aplikasi Mendeley®

#1. Membuat Style Sitasi Custom menggunakan Aplikasi Mendeley®

Sebelum kita masuk pada materi, sepertinya penting untuk mengetahui mengapa kita perlu mencantumkan daftar pustaka / mensitasi paper peneliti lain dalam artikel kita. Berikut kami rangkumkan dari berbagai sumber mengapa penting menuliskan referensi:

  • Memberikan kredit kepada peneliti lain atas hasil kerjanya.
  • Menambah kredibilitas artikel kita karena kita menggunakan referensi yang valid.
  • Menunjukkan keterkaitan riset kita dengan riset-riset terdahulu.
  • Membantu menemukan State of the Art dari riset kita.
  • Menghidari plagiarisme.
  • Membantu pembaca untuk memahami konteks dan menemukan informasi lebih jauh.

Daftar pustaka / referensi yang kita tuliskan harus berfungsi dengan baik. Supaya berfungsi dengan baik maka daftar pustaka harus akurat, mencantumkan identitas dari artikel tersebut, yaitu: list penulis, judul artikel, nama jurnal, edisi penerbitan (volume dan nomor/isu) atau artikel ID, tahun, halaman, dan seringkali DOI.

Penulisan identitas artikel tentunya setiap orang/lembaga memiliki cara/kesukaan masing-masing dalam menulis urutan identitas artikel. Oleh karena itu kita menemukan banyak style referensi, seperti APA, Harvard, Vancouver, IEEE, Chicago, ACS, dan lain-lain. Bahkan kini tiap jurnal dapat membuat style referensinya sendiri. Tentunya kita sendiri juga bisa membuat style referensi kita sendiri. Mari kita bahas langkah-langkahnya.

  1. Install aplikasi Mendeley®

Bagaimana instalasi aplikasi Mendeley dapat ditemukan di banyak sumber di internet.

  1. Membuat style sitasi/referensi yang kita inginkan.

Sitasi adalah referensi yang ada di dalam teks artikel. Biasanya memakai nomor seperti [1], [2], dst. Atau memakai nama author, seperti: (Ngatijo et al., 2020) dll. Sedangkan referensi/daftar pustaka/bibliografi adalah identitas artikel lengkap, biasanya muncul di bagian akhir artikel. Pada beberapa tulisan referensi juga muncul di catatan kaki.

Misal kita ingin membuat sitasi/referensi sesuai jurnal Bulletin of chemical reaction engineering and Catalysis (BCREC), seperti gambar berikut:

  1. Buka aplikasi Mendeley dan ikuti petunjuk

Klik: View --> Custom Style --> More Styles.

Lalu akan muncul kotak dialog Citation Styles klik: About --> CSL Editor

Setelah mengklik CSL Editor biasanya kita diminta log in pada akun Elsevier kita. Pastikan Anda memiliki akun di Elsevier.

  1. Pilih style yang paling mirip

Setelah masuk pada halaman csl.mendeley.com kita akan dihadapkan pada banyak style sitasi. Pilis style yang paling mirip dengan style yang kita tuju, dalam hal ini BCREC. Kita pilih IEEE style sebagai yang paling mirip, lalu klik Edit:

Biasanya akan muncul juga kotak dialog “Style Already Exist” ketika kita pernah mengedit syle berdasarkan IEEE. Pilih: Create a new style. Lalu pada Style ID (misal) kita beri nama: Latihan-BCREC. Sebagai informasi, nama pada style ID akan menjadi alamat style mendeley pada website csl mendeley.

  1. Edit identitas artikel sesuai template yang kita inginkan

5a. Mengedit author name

Pada menu Visual editor kita akan menemukan contoh sitasi, yaitu memakai angka dalam kurung siku, [1] dan contoh style bibliografi:

Jangan lupa ubah juga judul pada bagian info dengan (misal): “Latihan-BCREC”.

Selanjutnya, yang perlu kita lakukan adalah mengedit identitas artikel sesuai dengan yang kita inginkan. Misal kita edit nama author. Pada contoh tertulis “J. L. Campbell and O. K. Pedersen” kita ingin rubah style nama tersebut menjadi “Campbell, J.L., and Pedersen, O.K.”. Untuk mengedit nama author kita bisa pilih style pada menu di bagian kiri (lihat gambar):

5b. Mengedit tahun/date

Untuk mengedit tahun, kita bida men-drag naik date yang terletak di bawah menjadi di atas agar tahun menjadi didepan. Lihat Gambar:

Kita bisa juga merubah style year ini dengan style yang lain misal dalam kurung, (2022), dipisahkan dengan titik atau koma, atau style yang lain dengan mencoba-coba menu yang ada di bagian bawah. Setelah date dinaikkan maka tampilan menjadi:

5c. Mengedit judul artikel

Judul artikel custom model IEEE adalah berada dalam tanda petik. Sedangkan judul yang kita inginkan tanpa tanda petik. Dengan mudah kita dapat menghilangkan tanda petik dengan meng-klik tanda: “” pada kotak dialog di bagian bawah. Lihat Gambar:

5d. Mengedit volume, isu, dan halaman

volume, isu, dan halaman custom pada IEEE style adalah “vol 40, no. 3, pp. 307-332”. Sedangkan pada style yang kita inginkan adalah “40, 3, 307-332”. Kita dapat menghilangkan tulisan vol. no. dan pp. dengan cara merubah term menjadi value pada kotak dialog di bagian bawah. Lihat gambar:

  1. Simpan style

Tahap terakhir adalah simpan style yang sudah kita edit dengan cara klik pada bian dashboard: Style --> Save Style.

Setelah di Save akan muncul kotak dialog “Open Mendeley Desktop?” lalu klik: Open Mendeley Desktop untuk memunculkan style Latihan-BCREC  yang kita buat pada menu sitasi Aplikasi mendeley yang telah kita install.

Hasilnya bisa kita lihat bahwa style yang kita buat telah terinstal pada menu citation style pada App Mendeley kita dan Style siap digunakan.

 Demikian cara membuat style sitasi sesuai kebutuhan kita (custom). Supaya lancar maka selanjutnya adalah “PRACTICE MAKE PERFECT!”. Selamat mencoba, dan jika ada diskusi atau pertanyaan seputar customize style sitasi menggunakan mendeley silakan tulis di kolom komentar. Salam.